6 Alasan Kenapa Wanita Lebih Cepat Tua Dibanding Pria

Usia memang menjadi hal penting yang harus menjadi pertimbangan dalam memilih pasangan. Bagi sebagian besar pria, wanita yang jauh lebih muda dibanding mereka merupakan pilihan yang tepat untuk dijadikan pasangan hidup

Selain masih cantik dan memiliki tubuh yang indah, wanita yang masih muda juga tidak mudah mengalami penuaan. Lain halnya jika ia memilih pasangan yang seumuran, meskipun umurnya sama namun wajah si wanita lambat laun bisa terlihat lebih tua dibanding dirinya. Mengapa bisa demikian?


Tenyata ada banyak alasan yang menyebabkan wanita lebih cepat terlihat tua dibandingkan pria. Meskipun ada alasan ilmiah yang menyebabkannya, namun bisa juga karena faktor kebiasaan hidup. Apa sajakah alasan penyebab wanita lebih cepat tua dibanding pria? Berikut informasinya.

1. Kedewasaan
Alasan pertama seorang wanita lebih cepat tua dibandingkan pria karena wanita itu lebih cepat dewasa. Kedewasaan ini dipengaruhi oleh banyak faktor seperti pengalaman hidup dan situasi di kehidupan sehari-hari.

2. Kelenjar Keringat yang Lebih Sedikit
Wanita mempunyai kelenjar keringat yang lebih sedikit dibandingkan dengan pria. Kelenjar keringat sendiri berfungsi untuk menghasilkan minyak yang membuat kulit tetap lembut dan pembuluh darah membantu mengalirkan darah ke organ tubuh sehingga bisa mencerahkan kulit. Jika kekurangan, maka akan membuat kulit lebih mudah tertarik kenjang dan mudah pula menimbulkan keriput.

3. Wanita Mengalami Menopause
Alasan selanjutnya wanita terlihat lebih tua dibanding pria walaupun keduanya seumuran adalah wanita mengalami menopause. Wajah wanita yang cenderung cepat terlihat tua, keripur dan kurang segar karena berkurangnya hormon esterogen yang disebabkan karena manopause.

Padahal hormon esterogen ini  berfungsi untuk menjaga kulit wajah agar terlihat sehat dan berseri. Dengan kekurangan esterogen ini akan membuat aliran darah berkurang dan menimbulkan garis halus serta kerutan pada kulit wajah.

4. Tulang Wanita Lebih Cepat Keropos
Selain mengalami menopause, wanita juga lebih mudah mengalami osteorporosis atau biasa dikenal dengan pengeroposan tulang dibandingkan dengan pria. Tulang pada bagian pipi dan rahang bawah seorang wanita juga lebih cepat berubah daripada pria. Itulah yang menyebabkan wajah wanita jadi lebih mudah terlihat tua.

5. Wanita Lebih Mudah Stress
Tidak hanya mudah mengalami pengeroposan tulang, seorang wanita juga lebih mudah mengalami stres. Wanita memang lebih banyak memiliki beban pikiran dibandingkan pria. Penyebab stres ini bisa berasal dari kebiasaan hidup, pekerjaan ataupun kehidupan rumah tangga.

Selain mudah stres, wanita juga lebih banyak menyimpan rahasia dan tidak bisa blak-blakan seperti pria. Hal inilah yang bisa menyebabkan wanita lebih cepat tua dibandingkan kaum pria. Oleh sebab itu, ada baiknya menjadi wanita yang lebih terbuka jika memiliki masalah.

6. Kurang Gerak
Alasan terakhir wanita lebih terlihat tua dibanding pria adalah kurang gerak. Banyak orang yang percaya bahwa orang yang kurang gerak membuat seseorang jad tampak lembek. Hal ini jelas berbeda dengan pria yang lebih banyak bergerak. Oleh sebab itu, jika ingin tampak lebih muda perbanyaklah olahraga seperti lari ataupun bersepeda.

Demikianlah ulasan mengenai enam alasan wanita lebih cepat terlihat tua dibanding pria. Namun tidak perlu terlalu khawatir, karena hal tersebut bisa diatasi dengan perawatan dan gaya hidup sehat. Jadi bagi kaum pria, jangan pernah takut untuk memilih pasangan yang seumuran atau lebih tua dari anda.
Copyright © Tentang Kesehatan. All rights reserved. Template by Amanbet