Unik..Kumis pada Wanita

Unik..Kumis pada Wanita

 
Pada sebagian kecil wanita, biasanya terdapat hal aneh yang dialaminya. Salah satu hal aneh tersebut adalah tumbuhnya kumis pada wanita. Ya, ada wanita yang berkumis...! Jadi, kumis itu tidak hanya boleh di klaim oleh pria, karena wanita pun pada kenyataannya terdapat kumis.
Bedanya, pada wanita biasanya kumisnya lebih tipis dibandingkan oleh pria. Kebayang kan kalau ada wanita dengan kumis tebal, bagaimana pandangan pria ya sama mereka.
Sebagian besar, ada juga yang mengatakan bahwa kumis halus yang tumbuh di atas bibir atas seorang wanita dapat menambah kecantikan wanita tersebut. Lantas, apa penyebab sehinggan wanita juga dapat memiliki kumis.
Menurut Androlog dr. Anita Gunawan MS. Sp. And. dari Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Jakarta, hormon androgen memainkan peran penting dalam pengaturan fungsi tubuh wanita, baik sebelum, selama, maupun sesudah menopause. Hormon inilah yang memicu tumbuhnya rambut di ketiak dan pubis saat dimulainya masa puber pada gadis remaja.

Selain itu, androgen juga diperlukan wanita dalam proses pembentukan estrogen, sekaligus memainkan peran penting dalam men-cegah pengeroposan atau hilangnya massa tulang (osteoporosis), mempertahankan gairah seks (libido), dan menyeimbangkan mood.
Jadi, hormon androgen tersebut diproduksi secara berlebihan, maka tak perlu heran bila kondisi fisiknya pun menjadi cenderung maskulin (antara lain: berkumis, tumbuh bulu-bulu berlebihan di beberapa bagian tubuh, berbadan kekar).
 
Wanita aneh. Inilah yang terjadi pada seorang wanita  Asal Leek, Staffs, Inggris bernama Slobhain Fletcher.Kumis yang ada pada wanita ini tumbuh tak terkendali sehingga panjangnya menyamai kumis laki laki normal.



Kelainan tumbuh kumis dan jenggot yang dialami Fletcher adalah sindroma ovarium polikistik (PCOS). Hal ini yang membuat tubuhnya untuk memproduksi hormon pria testosteron berlebihan.Akibatnya kumis dan jenggot tumbuh seperti tak terkendali, selain itu akibat dari sindrom PCOS juga beresiko tinggi untuk mengalami obesitas dan gangguan kesuburan.

Di Indonesia sendiri, bisa kita lihat ada public figure (artis) yang memiliki kumis halus. Namun, ini  tidak bisa dihilangkan.

Tips bagi anda yang memiliki kumis halus di wajah anda, jangan sekali-kali untuk mencukur kumis tersebut. Jika anda mencukur kumis itu, maka rambut kumis anda akan tumbuh lebih lebat lagi. Tentu anda akan kerepotan jika rambut kumis tumbuh lebih lebat.

Ada pengalaman lain, mengapa kumis pada wanita bisa tumbuh. Ceritanya seperti ini, anak perempuan yang belum tahu apa-apa melihat sang ayah mencukur kumisnya. Dengan rasa penasaran yang tinggi, sang anak perempuan juga mencoba untuk memakai pisau cukur kumis yang dipakai ayahnya. Ia pakai pisau cukur itu. Dan ternyata, setelah ia pakai pisau cukur itu, rambut kumis yang sebenanarnya tiap kulit itu ditumbuhi oleh rambut menjadi lebih lebat. Sehingga seolah ia mempunyai kumis halus. Padahal, ia tidak memiliki kelainan gen apalagi produksi hormon androgen yang berlebih. Murni terjadi karena ia merangsang tumbuhnya rambut kumis, dengan cara mencukur rambut halus yang memang dimiliki oleh tiap centimeter permukaan kulit manusia
Copyright © Tentang Kesehatan. All rights reserved. Template by Amanbet