Tips Merawat Kuku Tangan dan Kaki Agar Cantik Alami

Tips Merawat Kuku Tangan dan Kaki Agar Cantik Alami – Merawat kuku bagi sebagian wanita merupakan aktivitas yang penting, sebab kecantikan sendiri pada dasarnya tidak hanya berasal dari kulit dan rambut saja, tetapi melalui kuku kecantikan seorang wanita bisa terpancar.

Merawat kuku secara alami bisa menjadi alternatif pilihan bagi Anda yang ingin mendapatkan kuku cantik, tetapi memiliki dana yang pas-pasan. Karena kita tahu sendiri, perawatan kuku di salon cukup mahal untuk saat sekarang ini.

Akan tetapi sebelum kita beranjak ke tips merawat kuku tangan dan kaki secara alami, lebih baik sobat cantik ketahui terlebih dahulu beberapa peyebab kerusakan pada kuku tangan dan kaki berikut ini.

Penyebab Kerusakan Pada Kuku Tangan dan Kaki

Ada banyak sekali penyebab-penyebab kerusakan kuku. Silahkan hindari penyebab-penyebab berikut sebisa mungkin agar kuku Anda tetap sehat dan cantik secara alami.

1. Tidak rajin membersihkan kuku: kebersihan tangan dan kaki akan sangat menetukan kesehatan kuku Anda. Dengan keadaan tangan dan kaki yang kotor, akan membuat kuku menjadi rusak.

2. Mengigit kuku: pernahkah sobat ketika ketakutan sering mengigiti kuku? Mengigit kuku dapat merusaknya, bahkan lebih parah lagi bisa menyebabkan kuku menjadi patah.

3. Kuku terlalu panjang: ingat guys, kuku memang cantik akan tetapi kuku cantik itu tidak harus panjang. Sebab kuku panjang lebih rentan patah dan rusak. minimal rawat kuku sampai 0.5 cm saja.

4. Kurang cairan: air putih secara tidak langsung akan menetukan kesehatan dan kecantikan kuku Anda, tanpa konsumsi air yang cukup kuku cenderung lebih kering dan bahkan mudah patah.

5. Terpapar sinar matahari: UVA dan UVB selain buruk bagi kulit, sinar tersebut juga sangatlah tidak baik bagi kesehatan kuku Anda. oleh sebab itu hindari kuku terpapar sinar matahari secara langsung.

Nah setelah mengetahui beberapa penyebab kerusakan kuku diatas, marilah kita beranjak ke inti pembahasan kali ini yakni tips merawat kuku secara alami agar mengkilap dan cantik.

Cara Merawat Kuku Tangan dan Kaki Mengkilap Secara Alami


Cara merawat kuku alami yang cukup mudah
Perawatan kuku secara alami lebih aman dan mudah


Merawat kuku secara alami sangatlah mudah sekali untuk Anda lakukan, selain itu bahan-bahan yang diperlukan juga tidak terlalu sulit untuk kita dapatkan. Berikut informasi selengkapnya.

1. Merawat kuku dengan bawang putih

Bagi seorang ibu rumah tangga, tentunya bawang putih sudah tidak asing lagi. Sebab bumbu masakan satu ini sering membuat menu makan keluarga menjadi lezat.

Dibalik manfaat bawang sebagai bumbu masak, bawang putih mengandung sifat yang abrasif dan mengandung minyak essens cukup tinggi. kandungan inilah yang menjadikan bawang putih sangat efektif jika kita gunakan untuk merawat kuku secara alami.

Caranya:

- Langkah pertama siapkan bawang putih secukupnya.
- Tanpa perlu dihaluskan, silahkan tusuk bawang putih dengan kuku.
- Diamkan kuku di dalam bawang sekitar 30 menit.
- Akhiri dengan membilas air dingin.

2. Merawat kuku dengan belimbing wuluh

Berbicara mengenai belimbing wuluh, pastinya kita akan terbayang sebuah rasa yang cukup masam. Sebab buah satu ini sendiri memang mampu membuat lidah berkerut akibat rasanya yang cukup masam.

Selain mengandung rasa yang masam, siapa sangka buah kecil satu ini juga bisa kita gunakan untuk merawat kecantikan kuku. Bahkan dengan penggunaan secara rutin, belimbing wuluh dipercaya mampu menguatkan kuku dan mencegahnya patah.

Caranya:

- Siapkan belimbung wuluh secukupnya (jangan yang matang)
- Tanpa perlu dihaluskan dan dikupas, tusukan kuku kedalamnya.
- Agar kandungan belimbing meresap, daimkan 1 jam.
- Setelah itu silahkan bilas dengan air dingin sampai bersih.

3. Merawat kuku dengan lemon

Berbicara mengenai buah yang bersifat masam, seakan tidak lengkap rasanya bila tidak membahas mengenai lemon. Karena selain belimbing wuluh, lemon juga termasuk buah yang memiliki rasa cukup masam. Bahkan bisa dibilang lemon lebih masam dari pada belimbing wuluh.

Termasuk kedalam genus jeruk, lemon tidak hanya membantu merawat kuku secara alami saja. Akan tetapi Anda juga bisa menghilangkan flek hitam di wajah dengan lemon dan bangsa jeruk lainnya.


Caranya:

- Langkah pertama siapkan 1 buah lemon segar (masih keras)
- Lalu peras lemon tersebut dan ambil airnya.
- Sekarang masukan kuku Anda kedalam air perasan lemon tersebut
- Jika tidak bisa, silahkan untuk mengoleskan airnya ke kuku.
- Diamkan selama kurang lebih 30-60 menit, lalu bilas air hangat.

4. Merawat kuku dengan getah pepaya

Buah pepaya cukup terkenal dengan kandungan seratnya yang baik untuk merawat sistem pencernaan. Mulai dari mengatasi sembelit sampai dengan menyembuhkan diare.

Akan tetapi getah pepaya yang belum matang ternyata juga sangat bermanfaat untuk merawat kuku panjang agar lebih kuat dan tidak mudah patah. Bahkan jika digunakan secara rutin, getah tersebut mampu mengkilapkan kuku secara alami.

Caranya:

- Ambil getah buah pepaya secukupnya saja dan letakan dalam wadah
- Oleskan getah buah pepaya tersebut secara merata ke area kuku
- Agar hasilnya lebih maksimal, diamkan sampai mengering.
- Terakhir bersihkan getah tersebut dengan air hangat sampai bersih.

5. Merawat kuku dengan lidah buaya

Tips merawat kuku panjang selanjutnya adalah dengan lidah buaya. Mungkin Anda mengenal lidah buaya baik untuk rambut, namun selain itu sebenarnya lidah buaya juga sangat efektif digunakan untuk merawat kuku secara alami, mengkilapkan kuku, sampai membuat kuku nampak bening secara alami.

Tentunya untuk hasil perawatan yang lebih maksimal, Anda harus menggunakan lidah buaya secara rutin. sebagai catatan: jangan gunakan getah lidah buaya, sebab dapat membuat gatal-gatal dan iritasi. Cukup gunakan gel lidah buayanya saja.

Caranya:

- Pertama siapkan daun lidah buaya secukupnya, lalu kupas bagian kulit.
- Sebelum menggunakan bersihkan kuku Anda terlebih dahulu.
- Kemudian tusukan kuku Anda kedalam gel lidah buaya tersebut.
- Diamkan kurang lebih sekitar 1 jam atau sampai terasa dingin dan kaku
- Setelah itu, bersihkan kuku dengan menggunakan air dingin.

6. Merawat kuku dengan tomat

Tomat mengandung berbagai macam senyawa vitamin, mulai dari vitamin A, B, C, sampai E. kandungan-kandungan vitamin inilah yang cukup efektif untuk merawat kuku secara alami.

Tidak hanya berguna untuk merawat kuku, akan tetapi tomat juga bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan bekas jerawat di wajah.

Baca: Cara ampuh hilangkan flek hitam dengan tomat

Caranya:

- Terlebih dahulu siapkan 1 buah tomat segar.
- Bersihkan kuku sebelum menggunakan
- Setelah itu tusuk-tusuk tomat dengan menggunakan kuku Anda
- Lakukan penusukan tersebut sebanyak 60 kali (sesuai detikan jam)

Itulah beberapa tips merawat kuku tangan dan kaki secara alami yang dapat sobat cantik lakukan mulai dari sekarang juga. Apabila ada yang bingung, silahkan bertanya melalui kolom komentar di bawah.

Selamat mencoba guys...!
Copyright © Tentang Kesehatan. All rights reserved. Template by Amanbet